suaraumumaceh.com-Banda Aceh : Program Lapak Berkah yang digagas oleh lembaga Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma) Aceh berkolaborasi dengan Rumah Amal Masjid Jamik USK secara resmi disalurkan kepada 37 orang penerima manfaat. Proses penyaluran dilakukan dalam acara simbolis yang berlangsung di Kantor LAZNAS Yakesma Aceh, Pango Raya, Banda Aceh pada Kamis (19/01/2023). Bantuan yang disalurkan berupa rak sepatu untuk masyarakat yang memiliki mata pencaharian sebagai penjahit sepatu. Adapun penerima manfaat program ini berasal dari 3 lokasi usaha yaitu Kopelma Darussalam, Beurawe dan Kampung Baru (sekitaran Masjid Raya Baiturrahman).

Acara simbolis penyaluran bantuan ini dipimpin langsung oleh Fakhrurrazi, S.T selaku kepala cabang LAZNAS Yakesma Aceh. Selain itu turut pula dihadiri oleh Direktur Rumah Amal Masjid Jamik USK, Tedy Kurniawan, M.Farm.Apt. Dana yang disalurkan oleh Rumah Amal untuk program Lapak Berkah tahun 2022 ini sebesar 100 juta rupiah. Selain sebagai momentum penyerahan bantuan kepada para penerima manfaat, agenda simbolis ini juga dijadikan sebagai penguatan bagi para penerima bantuan untuk meningkatkan semangat dan motivasi mereka dalam menjalankan usahanya.

Pimpinan Yakesma Aceh menyampaikan bahwa bantuan yang didapatkan oleh para penerima merupakan kerja sama dengan Rumah Amal Masjid Jamik USK. Bantuan yang diberikan bersumber dari dana zakat. Oleh karenanya diharapkan selain membantu meningkatkan finansial para penerima, bantuan usaha ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan dan ibadah para penerima sebagai dasar tanggung jawab atas dana zakat ini.

“Kami ucapkan terima kasih banyak atas sumbangsih Rumah Amal USK dalam memberikan peluang bagi lembaga kami untuk berpartisipasi dalam program kebaikan seperti ini. Bapak-bapak penerima perlu mengetahui bahwa bantuan ini merupakan dana zakat. Untuk itu selain peningkatan ekonomi nantinya bagi bapak sekalian kami juga mengharapkan adanya peningkatan ketaqwaan dari penerima sekalian. Agar nantinya bapak sekalian turut mendoakan orang-orang yang telah menyalurkan zakatnya ini” tutur Fakhrurrazi pada pembukaan agenda simbolis ini.

Sementara itu, Direktur Rumah Amal Masjid Jamik USK mengharapkan bantuan yang diberikan ini bisa menjadi salah satu pendorong untuk peningkatan usaha para penerima. Beliau juga mengajak para penerima untuk senantiasa bersemangat dalam menjalankan usaha dan bercita-cita bisa menjadi muzakki kelak dari usaha yang dijalankan ini.

“Kami bertugas menghimpun dana dari zakat, infaq dan shadaqah dari para dosen, staf dan tenaga kependidikan khususnya di lingkungan Universitas Syiah Kuala. Selain menghimpun kami juga bertanggung jawab untuk menyalurkan dana ini sesegera mungkin kepada orang yang berhak mendapatkannya. Oleh karenanya, kehadiran mitra seperti Yakesma sangat penting untuk membantu kami dalam penyaluran dana yang telah kami himpun ini.

Kami mengharapkan kepada para penerima manfaat sekalian dengan bantuan ini semakin semangat dalam menjalankan usahanya. Agar nantinya bapak-bapak semuanya bisa menjadi orang yang mengeluarkan zakatnya dari usaha yang dijalankan ini. Sehingga tujuan program pemberdayaan ini bisa tercapai yaitu Memberdayakan Mengangkat Martabat” tutup Tedy usai membuka secara resmi agenda simbolis ini.[Zainuddin]

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *